PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

SMIP / SMK Pandawa Budi Luhur

SMIP merupakan akronim dari Sekolah Menengah Industri Pariwisata. SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur merupakan sekolah menengah yang telah mempunyai akreditasi A dan bersertifikat TUV NORD ISO 9001 : 2008.

Lokasi SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur sangat strategis dan biaya masuk terjangkau. Sekolah ini juga menjamin peserta didiknya pada akhir masa studi atau lulus bisa langsung kerja. Peserta didik juga akan diberikan fasilitas study banding wilayah Jawa Bali.

Tujuan pendidikan dalam mendidik siswa untuk menjamin kader pembangunan di bidang pariwisata, yang sadar akan kedudukannya sebagai bangsa Indonesia dan warga negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila.

Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan di bidang Usaha Perjalanan Wisata, meliputi Ticketing & Fare Calculation, Tour Operation / Tour Guide, Pramugara / Pramugari, Passanger Handling, kecakapan berkomunikasi, dan MICE (penyelenggaraan acara khusus).

Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan di bidang Usaha Perhotelan, meliputi Front Office, Housekeeping, Kitchen & Restaurant, Administrasi Perhotelan, Kecakapan Berkomunikasi, Bartending, Laundry Service, dan Juru Masak Nasional & Internasional.

Sistem pendidikan diselenggarakan dengan sistem kredit Semester. Lama pendidikan selama 3 (tiga) tahun, terbagi dalam 6 (enam) semester.

Program Pendidikan berorientasi kepada keterampilan kejuruan. Sehingga kegiatan pelajaran yang harus diikuti oleh siswa, 60% berupa kegiatan yang menunjang keterampilan kejuruan.

SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur membuka dua program diklat (pendidikan & pelatihan) yaitu Program Studi Akomodasi Perhotelan (APH) dan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Pada semester 1 (kelas X) semua siswa mengikuti program yang sama.

Pendidikan teori diselenggarakan di sekolah oleh tenaga pengajar yang berpengalaman, baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang Industri Pariwisata.

Pengajar SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur terdiri dari perpaduan antara para lulusan pendidikan Guru (IKIP) dengan para ahli di bidang Industri Pariwisata yang masih aktif di dunia usaha, antara lain Hotel Hilton, Hotel Borobudur, Hotel President, BPU Nitour, BPU Vista, Perusahaan Penerbangan Garuda, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pariwisata, dan Mandarin Hotel.

SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur menyelenggarakan juga Pendidikan Praktik. Kegiatan pendidikan praktik merupakan perwujudan dari keterampilan yang diharapkan dalam pendidikan teori. Pendidikan praktik merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pendidikan teori dalam percakapan tujuan pendidikan.

Kegiatan pendidikan praktik ini sudah dimulai sejak di kelas X, meskipun bentuknya masih sangat umum dan sederhana. Kegiatan praktik meliputi Observasi Obyek Wisata, Tempat Rekreasi, Museum, Monumen, Kunjungan Kerja ke Hotel & Restaurant, Kunjungan ke Bandara, Praktik Guiding, Ticketing & Fare Calculation, Tour Planning, Cooking, Bartending, Housekeeping, Food & beverage Service, serta Conversasi Bahasa Inggris.

Sebagai persiapan para siswa terjun ke dunia industri, serta memberikan latihan kerja secara terpadu, pada semester IV dan awal semester V peserta didik wajib mengikuti program Praktik Kerja Lapangan (on the job training), sesuai dengan program studi yang diambil. Program ini diselenggarakan selama 3 s/d 6 bulan.

Program on the job training diselenggarakan di Hotel & Restaurant yang tergabung dalam PHRI dan Perusahaan Perjalanan Umum yang tergabung dalam ASITA, serta perusahaan Penerbangan baik Nasional maupun Internasional.

Setelah menyelesaikan program ini, peserta didik wajib menyusun karya tulis, sebagai persyaratan untuk mengikuti UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN) di SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur.

Selain para peserta didik mengikuti program pendidikan teori, program pendidikan praktik, dan program praktik lapangan kerja, mereka juga harus mengikuti Widya Wisata atau kunjungan program pendidikan dan pelatihan (diklat).

Widya Wisata Kunjungan Program Diklat diselenggarakan dengan tujuan memberikan wawasan yang lebih luas kepada para peserta didik terhadap kegiatan dan permasalahan yang ada dalam kegiatan industri pariwisata.

Memperkenalkan secara langsung kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh industri Pariwisata dalam memberikan pelayanan & kepuasan kepada wisatawan, serta memperkenalkan secara langsung obyek-obyek wisata dan kegiatan penunjang lainnya yang berada di wilayah tujuan wisata tersebut.

Gedung SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur adalah milik sendiri dan bertingkat 4 lantai. Dengan memiliki juga beberapa fasilitas seperti tempat parkir yang luas, Musholla untuk beribadah, kantin yang sehat, dan perpustakaan untuk peserta didiknya guna membaca dan belajar.

Ruang kelas SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur dilengkapi juga dengan full AC plus LCD, serta ruang laboratorium, diantaranya Ruang Laboratorium Housekeeping, Ruang Laboratorium Front Office, Ruang Laboratorium Bahasa, Ruang Laboratorium Kitchen, Ruang Laboratorium Food & Beverage Service, Ruang Laboratorium Komputer, Ruang Laboratorium Bartending, Ruang Laboratorium UPW, dan Ruang Laboratorium Laundry.

Selain itu, SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur juga dilengkapi fasilitas lapangan olahraga, seperti lapangan Mini Soccer dan lapangan Basket. Dan ekstrakurikuler Paskibra dan Seni Karawitan.

Lapangan pekerjaan bagi lulusan SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur mempunyai kesempatan luas untuk bekerja dalam bidang industri Pariwisata yang meliputi Hotel bertaraf Nasional maupun Internasional, Biro Perjalanan Umum & Agen Perjalanan, Obyek-obyek Wisata, Perusahaan Catering & Restaurant, Perusahaan Penerbangan Nasional & Internasional, Kantor0kantor Pariwisata Pemerintah atau Swasta, serta Berwiraswasta sesuai dengan usaha di atas.

Personalia Sekolah SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur meliputi Ketua Yayasan (Drs. Sumadi DS), Kepala Sekolah (Sakiman Wiroutomo, SH., MM.), Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum (Engkus Kuswara, S.Pd.), Bidang Kesiswaan (Endang Sukeksi, SE.), Bidang Industri & Job Training APH (Widodo), Bidang Industri & Job Training UPW (Musfiroh, S.Pd.), dan Bidang Laboratorium IT/Komputer (Arief Eko Wahyudi).

Bagi yang ingin mendaftar di SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur, berikut persyaratannya:
  • Mengisi Formulir Pendaftaran.
  • Menyerahkan Fotocopy Ijazah, SKHUN SMP/MTs yang telah dilegalisir.
  • Menyerahkan Pas Foto terakhir, ukuran 2x3 sebanyak 3 lembar.
  • Menyerahkan Pas Foto terakhir, ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar.
  • Menyerahkan Surat Bebas Narkotika.
  • Menyerahkan Surat Berkelakuan Baik.
  • Bersedia mengikuti semua Program Pendidikan di SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur.
  • Bersedia mentaati Tata Tertib dan peraturan lain di SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur.
Tempat pendaftaran bisa datang langsung ke:
  1. Sekretariat Yayasan Pandawa Budi Luhur - Jl. Cidodol Raya Rt. 011 Rw. 06, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Telp. 0815 1458 4432.
  2. SMIP/SMK Pandawa Budi Luhur - Jl. Komplek Hankam Cidodol No. 3, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Telp. 021 726 5557. Email: smk.pandawabudiluhur@yahoo.co.id.
Waktu pendaftaran berlaku dari bulan April s/d Juli, di Pagi hari jam 08.00 - 12.00 WIB dan Sore hari jam 13.00 - 16.00 WIB. Gelombang I pada bulan April - 15 Mei 2018 (jalur Beasiswa). Gelombang II pada 16 Mei - Juli 2018 (jalur Test Beasiswa).

0 comments:

Posting Komentar