PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

Leadership Camp

Arifin Bahtiar*

Documenter - Sebelumnya artikel ini pernah ditulis dalam Buletin Hakam Peradilan Agama Edisi November 2009. Dalam rangka tahun ajaran baru 2009/2010 segenap Badan Eksekutif Mahasiswa berburu merancang kegiatan menyambut mahasiswa baru demi mengisi agenda kegiatan tahunan. Pada kesempatan kali ini BEMJ Peradilan Agama mengadakan kegiatan Leadership Camp yang diadakan pada hari Jum’at-Minggu, 16-18 Oktober 2009. Yang dikoordinatori oleh Mahasiswa jurusan Peradilan Agama semester III.

Acara ini diadakan dengan tujuan membentuk karakter kepemimpinan yang berkualitas pada mahasiswa dan menguatkan tali emosional antara mahasiswa baru dan mahasiswa angkatan sebelumnya. Acara ini dipersiapkan oleh panitia dengan semaksimal mungkin selama kurang lebih satu bulan. Mulai dari persiapan dana, akomodasi, transportasi, tempat, dan konsumsi.

Pada tanggal 16 Oktober, acara dilaksanakan di Aula SC, acara dimulai setelah shalat Dzuhur tepatnya pada pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB. Dengan rangkaian acara seminar nasional dengan tema “Mengupas Operasi Calon Pengantin di Kalangan Pemuda Sekitar Kita” dengan nara sumber Dr. Wawan H. Purwanto (sebagai Pengamat Intelijen). Seminar tersebut mengupas masalah teroris yang belakangan sangat hangat dibicarakan, karena munculnya berita tertangkapnya teroris di dekat kampus UIN Ciputat, tepatnya di daerah Semanggi.

Kemudian disusul acara pelatihan dengan materi “Latihan Dasar Kepemimpinan” dengan pemateri Drs. Djaka Badrayana, ME., acara berlangsung cukup menarik dan mendapat respon yang cukup baik dari para peserta, namun ditengah berlangsungnya acara terjadi peristiwa yang tak terlupakan yaitu gempa yang terjadi di Kulon Banten, yang getarannya terasa sampai ke Ciputat, sehingga seluruh yang berada di ruang aula SC merasakan getaran gempa tersebut. Rungan pun sampai kosong oleh para peserta yang lari keluar ruangan saat Drs. Djaka Badrayana, ME., memberikan materi tentang Latihan Dasar Kepemimpinan. Dan acara diakhiri dengan kegiatan mentoring.

Pada tanggal 17 Oktober 2009, seluruh panitia dan peserta acara pelatihan Leadership Camp berangkat menuju Cilember, Bogor. Untuk melanjutkan acara pelatihan tersebut. Kami berangkat pukul 08.30 WIB dan tiba di Cilember pada pukul 11.00 WIB. Para peserta dipersilahkan istirahat terlebih dahulu, kemudian shalat dan makan. Setelah itu, peserta memasuki pembahasan materi kedua tentang “Manajemen Organisasi” dengan pemateri Teuku Mahdar Ardian. Lalu disusul dengan rangkaian acara games dan mentoring.

Pada pukul 19.30-21.00 WIB materi dilanjutkan sebagai materi ketiga yang bertema “Membentuk Karakter Akademis Hukum yang Progresif” dengan pemateri Muhammad Isnur, SHI. Pada hari Minggu, 18 Oktober 2009 setelah shalat Shubuh berjama’ah peserta dan panitia berkumpul di taman villa untuk senam pagi dan dilanjutkan perjalanan ke Curug Panjang sebagai hiburan dan diisi dengan acara out bound.

Selesai wisata Curug, peserta dipersilahkan istirahat dan menyantap makan siang yang sudah dipersiapkan oleh bagian konsumsi yang dikoordinatori oleh Siti Hidayah dan kawan-kawannya. Setelah itu kami mulai berkemas-kemas untuk pulang, sebelum pulang peserta berkumpul di halaman depan guna perkenalan pengurus BEMJ. Selesai, kami pun pulang menuju Ciputat dengan perjalanan yang lancar meskipun sempat turun hujan.

Sebagai Ketua Panitia, saya bersyukur atas terlaksananya kegiatan Leadership Camp ini yang berjalan dengan lancar, walaupun masih terdapat kekurangan. Namun, semuanya tetap terlaksana dengan kerjasama panitia dan dukungan Steering Commite. Dan saya berharap kegiatan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk menjadi Leader yang berkualitas bagi dirinya dan masyarakat luas.

*Mahasiswa Fakultas Syari'ah & Hukum Jurusan Peradilan Agama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

0 comments:

Posting Komentar