PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

Rumah Kreasi Untuk Anggota Kopma

Hibah Jasa - Kini koperasi kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dikelola oleh civitas akademika (Koperasi Mahasiswa) telah mempunyai ruang khusus bagi anggota-anggotanya, yakni Rumah Kreasi (RK). RK berawal dari ide yang dicanangkan untuk pengembangan usaha jangka panjang pada Rapat Anggota Tahunan 2014 silam. RK merupakan sebuah tempat dimana anggotanya melakukan kegiatan-kegiatan yang berkreasi sekreatif mungkin. Adapun fungsi dan manfaat RK untuk anggota sebagai berikut:
  1. Melakukan kegiatan staffing anggota, maksudnya pembelajaran bagi anggota Kopma UIN Syahid yang telah mengikuti pendidikan dasar dan menjadi sebagai staf dari masing-masing divisi.
  2. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan. Pelatihan yang akan segera dilakukan adalah mading, flannel, simulasi kepengurusan, fotografi, kecantikan, manajemen organisasi, dan pelatihan lainnya.
  3. Melakukan rapat dengan skala kecil (maksimal 13 orang), dikarenakan lokasi RK masih tahap perintisan.
  4. Melakukan kegiatan produksi usaha anggota. Selain itu, terdapat pula keuntungan bagi anggota yang membutuhkan modal atau alat produksi, dapat mengajukan permintaan di Kopma UIN Syahid dengan mengikuti sistem cicil sesuai akad tanpa bunga. Contoh: anggota A membutuhkan kompor dengan harga Rp 300.000,-. Nantinya Kopma UIN Syahid akan menyediakan kompor tersebut. Lalu anggota A menjadi pemilik kompor tersebut sepenuhnya. Dan anggota A berkewajiban mencicil kompor tersebut sesuai akad tanpa bunga, sesuai harga beli. Jika ada anggota lain (selain A) yang ingin memakai kompor si A, maka dia harus meminta izin ke A karena itu sepenuhnya adalah miliknya A, bukan Kopma. Jadi, jika ingin menjadi pemilik sepenuhnya (punya sendiri) alat-alat produksi di RK harus mengajukan terlebih dahulu.
  5. Memfasilitasi untuk anggota yang mempunyai kegiatan bermanfaat, seperti mengadakan pelatihan, penyimpanan barang, mengerjakan tugas kuliah (baik personal maupun kelompok), dan kegiatan anggota lainnya.
  6. Menyediakan tempat (Rumah Kreasi) dan barang-barang yang bersifat umum (kipas, lampu, dan sebagainya).
  7. Mempergunakan RK untuk kegiatan positif selama 24 jam, setiap anggota yang mengunjungi RK wajib mengisi form yang dipersiapkan di ruang depan RK, kemudian berikan keterangan.
  8. Penggunaan kunci bisa diambil di kopma atau menggunakan kunci penghuni.
  9. Jika ada kegitan di luar dari hal-hal yang tertera di atas bisa menghubungi Ayu Putriana selaku Koordinator Kegiatan RK.
Berikut beberapa pelatihan yang dapat diikuti oleh civitas akademika, baik anggota koperasi maupun mahasiswa non anggota:
  • Pelatihan tari dengan pelatih yang profesional.
  • Pelatihan membuat kue martabak yang lezat dan berkualitas, yang akan dilatih oleh founder Martabak UMI.
  • Pelatihan membuat website yang menarik agar pantas dilihat pengunjung, yang akan dilatih oleh founder Student Price.
Bagi anggota Koperasi Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang ingin memakai rumah kreasi untuk mengadakan pelatihan dapat menghubungi Ayu Putriana melalui SMS ke nomor 085714125251 dengan format pendaftaran: Nama Kegiatan_Jumlah Peserta_Tanggal_Waktu.

NB: Minimal pendaftaran 2 hari sebelum peminjaman.

0 comments:

Posting Komentar