PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

Hari Kebahagiaan dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW

Oleh Sandi Abu Hudzaifah

Bismillah, Alhamdulillah Washalaatu Wassalaamu 'Alaa Rasuulillaah, Amma Ba'du.
Tak terasa sebentar lagi kita akan berpisah dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Semoga Allah SWT menerima segala amalan shaleh yang kita lakukan dan mengampuni segala kesalahan yang terjadi di bulan ini.

Besok adalah hari raya, hari yang penuh dengan kebahagiaan. Mari kita jadikan hari raya dan penuh kebahagiaan ini menjadi lebih bermakna dengan mengikuti sunnah Nabi SAW berikut:

  1. Disunnahkan sebelum berangkat menuju tempat shalat 'Idul Fitri untuk memakan beberapa buah kurma atau makanan lainnya. (HR. Bukhari)
  2. Disunnahkan untuk mandi sebelum shalat 'Idul Fitri sebagaimana halnya disunnahkannya mandi pada hari Jum'at, memakai baju terbaik, dan memakai wewangian. (HR. Abu Dawud)
  3. Disunnahkan mengumandangkan Takbir ketika berangkat ke tempat shalat 'Idul Fitri hingga Imam keluar atau berdiri untuk melaksanakan shalat. (HR. Bukhari dan selainnya)
  4. Berangkat ke tempat shalat dengan berjalan kaki atau berkendaraan. Dan disunnahkan untuk memilih jalan yang berbeda antara pergi dan pulangnya. (HR. Bukhari)
  5. Wanita Haidh dan Nifas juga tetap ikut serta bersama orang-orang yang berangkat shalat, namun mereka memisahkan diri dan tidak bergabung di tengah-tengah orang yang akan melaksanakan shalat. (HR. Bukhari)
  6. Mengucapkan ucapan selamat hari raya kepada sesama dengan lafadz-lafadz yang mubah (boleh). (Diriwayatkan dari Jubair bin Nufair dan dihasankan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari)
Demikian beberapa sunnah pada hari 'Idul Fitri yang bisa kami kumpulkan, semoga Allah SWT menerima puasa, shalat, dan lantunan Al-Qur'an yang kita lakukan selama bulan ini, dan semoga Allah menggolongkan kita semua sebagai orang-orang yang dibebaskan dari api neraka.

0 comments:

Posting Komentar