Paket Al-Qur'an Yang Terseret

Rabu, 26 November 2025 - Berita Fakta

Terima Kasih

Minggu, 23 November 2025 - Sticker

Pengajian Bulanan MT. Al-Khairat Kebayoran Lama

Minggu, 23 November 2025 - Dakwah

SULINGJAR 2025

Senin, 6 Oktober 2025 - Pendidikan

Akibat RUU TNI Disahkan

Minggu, 23 Maret 2025 - Pendidikan Politik

Psikologi Guru Tak Layak Jadi Pemimpin

Minggu, 23 Maret 2025 - Hukum Pidana Pendidikan

Free E-Course Arabic Quantum

Sabtu, 4 Januari 2025 - Lembaga Privat

Jum'at Bersih dan Indah

Jum'at, 3 Januari 2025 - Komunitas

Gedung Rektorat UIN Jakarta Terbakar

Senin, 30 Desember 2024 - Kampus

Rental Mobil - Hijas Trans 77 - 081319091084

Innova Reborn Manual/Matic (Solar/Pertalite), Suzuki Ertiga Manual/Matic, Toyota Avanza Manual, Daihatsu Terrios Manual, Toyota Kijang Innova Manual

Dibutuhkan Guru Kelas Honor SDN Rawamangun 02

Senin, 02 Januari 2023 - Dibutuhkan segera guru kelas honor di SD Negeri Rawamangun 02, Jakarta Timur dengan syarat: 

  1. S1 PGSD (Sarjana Strata 1 Program Studi Guru Sekolah Dasar). 
  2. Sudah masuk DAPODIK (Data Pokok Pendidikan). 

Jika berminat bisa menghubungi Angga - 0821 2355 3223. 

(NB: terbuka juga untuk mutasi KKI/CPNS/PNS). 

Terima Kasih 🙏

Rekrutmen Pimpinan Ponpes Nurul Qomar Pati Jawa Tengah

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Pondok Pesantren Nurul Qomar Pati, Jawa Tengah membuka lowongan sebagai Pimpinan Pondok Pesantren, sekaligus menjadi menjadi Imam (Suami). Adapun persyaratannya sebagai berikut:

  1. S1 Pendidikan Agama Islam (Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, Nahdhiyyin / Nahdhatul Ulama).
  2. Hafizh 30 Juz Bersanad.
  3. Duda Umur 35-43 Tahun.
  4. Pengalaman Mengajar Minimal 2 Tahun.
  5. Siap Memimpin Pondok Pesantren dan Menjadi Suami.

Jika ada kerabat atau sanak sedulur yang berminat dapat menghubungi +6285775637059.

Deadline tanggal 30 September 2022.

Note: Ibu Qomariyah adalah seorang Janda mempunyai 1 anak.

Pertanyaan Terkait Pembelajaran dan Asesmen

Pertanyaan terkait pembelajaran dan asesmen:

Umum:

  • Indikator dalam menentukan asesmen.
  • Strategi untuk mengimplementasikan pembelajaran terdiferensiasi dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terbatas, namun pembelajaran dapat berjalan optimal, misalnya dalam 1 kelas hanya ada 1 guru.
  • Prinsip dan prosedur asesmen pada buku panduan pembelajaran dan asesmen terbaru cenderung didominasi asesmen sumatif.
  • Cara melakukan asesmen menyeluruh pada karakter peserta didik ketika dalam satu tahun hanya fokus pada 2-3 dimensi profil pelajar Pancasila.

PAUD (Pendidikan Usia Dini):

  • Asesmen yang diterapkan di jenjang PAUD.
  • Penyimpulan penilaian dalam jenjang PAUD.

Dasmen (Pendidikan Dasar & Menengah):

  • Asesmen bisa diisi oleh siapa (apakah boleh dilakukan oleh teman sebaya).
  • Kriteria kenaikan kelas.

SLB (Sekolah Luar Biasa):

  • Asesmen untuk SLB.

Sumber: Dedeh Mardiyah.

Indikator Penilaian Keterampilan Bahasa Inggris

Dalam penilaian keterampilan terdapat 6 unsur, diantaranya sebagai berikut:

  1. Teknik Penilaian : Tes Tertulis dan Praktik.
  2. Bentuk Instrumen : Tes Tertulis.
  3. Tes Praktik Keterampilan Berbicara, dan Rubrik Penilaian Tes Praktik.
  4. Kisi-Kisi : Tes Tertulis dan Tes Praktik.
  5. Instrumen.
  6. Petunjuk Penentuan Skor.

Indikator Kisi-Kisi Tes Tertulis:

  1. Disajikan beberapa gambar peserta didik melengkapi label berdasarkan gambar dengan menuliskan huruf I untuk Instruksi dan P untuk Prohibition.
  2. Disajikan teks rumpang ungkapan memberi perintah dan larangan siswa melengkapi dengan memilih kata yang sesuai.
  3. Disajikan kalimat yang menyatakan situasi, peserta didik membuat kalimat ungkapan memberi instruksi dan larangan.

Indikator Kisi-Kisi Tes Praktik:

  • Disajikan 2 kartu situasi yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan memberi perintah, larangan, dan responsnya dengan lancar, runtut, serta berterima secara berpasangan.

Sumber: Eem Suhaeni, S.Pd.

Kenali Istilah Kurikulum Merdeka

Istilah dalam Kurikulum Merdeka:

  1. PROTA (Program Tahunan).
  2. PROMES diganti menjadi PROSEM (Program Semester).
  3. Silabus diganti menjadi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).
  4. KI (Kompetensi Indikator) diganti menjadi CP (Capaian Pembelajaran).
  5. RPP diganti menjadi Modul Ajar.
  6. KD (Kompetensi Dasar) diganti menjadi TP (Tujuan Pembelajaran).
  7. KKM (Kriteria Ketercapaian Minimum) diganti menjadi KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran).
  8. IPK diganti menjadi IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran).
  9. PH (Penilaian Harian) diganti menjadi Sumatif.
  10. PTS (Penilaian Tengah Semester) diganti menjadi STS (Sumatif Tengah Semester).
  11. PAS (Penilaian Akhir Semester) diganti menjadi SAS (Sumatif Akhir Semester).
  12. Indikator Soal diganti menjadi Indikator Assesmen.
  13. Penilaian Teman Sejawat diganti menjadi Formatif.

Sumber: Postingan ulang Ibu Anisah.