PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

Kegiatan LSP2I

Sejak berdirinya hingga saat ini dalam rangka pelaksanaan visi dan misinya, LSP2I telah melakukan berbagai kegiatan, baik yang dilakukan sendiri, maupun bekerjasama dengan lembaga/instansi dalam negeri maupun lembaga luar negeri, antara lain dengan ICA, CCA (Canadian Cooperative Association), ILO (International Labour Organization), World Bank, Canada Fund.

1. SEMINAR/LOKAKARYA/DISKUSI.
Selama ini telah diselenggarakan 26 kali seminar/lokakarya/diskusi, antara lain:
  • Seminar "Jatidiri Koperasi dan Ekonomi Islam sebagai Dasar Keadilan Ekonomi" pada Agustus 2002, bekerjasama dengan CCA dan Pusat Pengkajian Bisnis dan Ekonomi Islam (PPBEI) Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang.
  • Seminar Sehari "Undang-Undang dan Pembangunan Koperasi" pada 21 Januari 2003 di Hotel Bumikarsa, bekerjasama dengan CCA Koalisi Ornop untuk Demokrasi.
  • Seminar "Koperasi, Bunga Bank, dan Fatwa MUI" pada April 2004, bekerjasama dengan Yayasan Bekatiga Indonesia dan PT. Bank Bukopin.
  • Seminar Nasional "Rancangan Undang-Undang Perkoperasian Indonesia" pada 2 April 2011 di Hotel Grand Cempaka Jakarta, bekerjasama dengan INKOPDIT.
  • Seminar "Agenda Politik Kesejahteraan & Penguatan Kemandirian Koperasi" pada Selasa, 8 Nopember 2011 di RM. Asiatic Purwokerto.
2. PENELITIAN/PENGKAJIAN
  • "Lembaga Perantara Keuangan Koperasi di Indonesia" (Study on Coop Financial Intermediate in Indonesia), dilaksanakan pada Mei 1999 atas permintaan ICA (International Cooperative Alliance) di Asia Pasifik, New Delhi, India.
  • "Pemasaran Produk dan Pelayanan Kopdit" (Study on the Market of the Credit Union's Product and Service), dilaksanakan pada September-Oktober 1999 atas permintaan ACCU (Asian Confederation of Credit Union) di Bangkok, Muangthai.
3. PENERBITAN BUKU
Selama ini telah diterbitkan 23 buku, diantaranya sebagai berikut:
  1. Wajah Koperasi Indonesia.
  2. Mengembangkan Keunggulan Koperasi.
  3. Profil Koperasi-Koperasi Kelas Dunia.
  4. Manajemen Profesional Berdasarkan Nilai-Nilai Dalam Koperasi.
  5. Membangun Koperasi Sepenuh Hati.
4. PROYEK
  • Pengembangan dan pemasaran rumput laut oleh koperasi Maccini Baji, Takalar, Sulawesi Selatan dengan dukungan Canada Fund pada Maret 2005 s/d Mei 2007.
  • Pendidikan dan lokakarya koperasi perikanan di Nias dalam rangka rekonstruksi dan rehabilitasi koperasi korban tsunami, dengan dukungan ILO pada Desember 2006 s/d Maret 2007.
  • Pembangunan koperasi percontohan di Aceh dalam rangka rekonstruksi dan rehabilitasi koperasi korban tsunami dengan dukungan ICA dan Coop UK pada tahun 2005.
Sumber: Brosur LSP2I.

0 comments:

Posting Komentar