PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

GEN Z - Khusus Usia 11-26 Tahun

Minggu, 29 Oktober 2023 - Assalamu’alaikum Wr. Wb. Perkenalkan, saya Ismail Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Pada kesempatan kali ini, saya memohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari untuk berkenan mengisi kuesioner terlampir dalam rangka membantu saya dalam menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pengaruh Islamic Branding dan Religiusitas terhadap Preferensi Generasi Z dalam Memilih Hotel Syariah di Jabodetabek". Saya mencari responden yang memenuhi kriteria berikut: 

  1. Responden dengan umur 11-26 tahun (Gen Z). 
  2. Berdomisili di JABODETABEK. 
  3. Responden yang memiliki preferensi dalam memilih Hotel Syariah di JABODETABEK. 

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

* * * 

Berikut isian pembuka yang terdapat dalam kuesioner: 

Apakah Anda tertarik dengan hotel syariah? 

  • Ya. 
  • Tidak (Jika tidak, maka Anda tidak perlu melanjutkan untuk mengisi kuesioner ini). 

Apakah anda pernah mencari informasi mengenai hotel syariah? 

  • Ya. 
  • Tidak (Jika tidak, maka Anda tidak perlu melanjutkan untuk mengisi kuesioner ini). 

Setelah menjawab Ya dan melanjutkan ke halaman selanjutnya, maka akan ada beberapa isian wajib berupa identitas. 

Nama/Inisial: __________

Tahun Kelahiran: 

  • 1997. 
  • 1998. 
  • 1999. 
  • 2000. 
  • 2001. 
  • 2002. 
  • 2003. 
  • 2004. 
  • 2005. 
  • 2006. 
  • 2007. 
  • 2008. 
  • 2009. 
  • 2010. 
  • 2011. 
  • 2012. 

Jenis Kelamin: 

  • Laki-laki. 
  • Perempuan. 

Domisili: 

  • DKI Jakarta. 
  • Bogor. 
  • Depok. 
  • Tangerang. 
  • Bekasi. 

Agama: 

  • Islam. 
  • Kristen. 
  • Hindu. 
  • Buddha. 
  • Konghucu. 
  • Katolik. 

Pendidikan: 

  • SMP/sederajat ke bawah. 
  • SMA/sederajat. 
  • Diploma (D1/D2/D3). 
  • Sarjana (S1). 
  • Magister (S2). 

Pekerjaan: 

  • Pelajar/Mahasiswa. 
  • Guru/Dosen. 
  • PNS. 
  • Pegawai Swasta. 
  • Wirausaha. 
  • Yang lain: __________

Dimana Anda mencari informasi mengenai hotel syariah? 

  • Website. 
  • Sosial Media. 
  • Online travel Agent (Traveloka, Trip.com, Agoda, dll.). 

Hotel Syariah apa yang pernah Anda ketahui? __________

Untuk apa Anda mencari informasi mengenai hotel syariah? 

  • Bekerja. 
  • Staycation. 
  • Yang lain: __________

Islamic Branding (X1) 

A. Petunjuk Pengisian. 

Pilihlah jawaban yang sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dengan memberikan tanda centang (√) untuk jawaban yang dipilih. 

Keterangan: 

  • STS: Sangat Tidak Setuju. 
  • TS: Tidak Setuju. 
  • N: Netral. 
  • S: Setuju. 
  • SS: Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena Hotel Syariah sudah menggunakan label halal.

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena saya yakin bahwa Produk/Jasa Hotel Syariah terjamin kehalalannya. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena Hotel Syariah telah diawasi oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena operasional Hotel Syariah telah sesuai dengan syariat Islam. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena Hotel Syariah mencerminkan perusahaan islami yang berasal dari negara mayoritas Islam. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya tertarik memilih Hotel Syariah karena Hotel Syariah menyajikan produk/jasa yang halal. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena Hotel Syariah menjamin produk/jasa nya terhindar dari produk/jasa non halal. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Religiusitas (X2) 

A. Petunjuk Pengisian. 

Pilihlah jawaban yang sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dengan memberikan tanda centang (√) untuk jawaban yang dipilih. 

Keterangan: 

  • STS: Sangat Tidak Setuju. 
  • TS: Tidak Setuju. 
  • N: Netral. 
  • S: Setuju. 
  • SS: Sangat Setuju. 

Saya Meyakini Tiada Tuhan Selain Allah SWT dan Rasulullah utusan Allah SWT. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya selalu melaksanakan solat wajib 5 waktu dan solat berjamaah di masjid. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya rutin berpuasa pada bulan Ramadhan dan berpuasa sunah. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya menunaikan ibadah zakat ketika sudah mencapai nisab dan haul nya. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya rutin mengikuti kajian keislaman sehingga dapat meningkatkan pengetahuan keislaman. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya dapat membedakan antara halal dan haram. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya suka membaca buku tentang keislaman. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Dengan menjauhi hal yang haram saya merasa dekat dan dicintai Allah. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya menggunakan Hotel Syariah karena meyakini terdapat larangan mengkonsumsi atau menggunakan hal-hal yang haram di dalam Kitab Suci Al-Qur’an. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Preferensi Konsumen (Y) 

A. Petunjuk Pengisian. 

Pilihlah jawaban yang sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dengan memberikan tanda centang (√) untuk jawaban yang dipilih. 

Keterangan: 

  • STS: Sangat Tidak Setuju. 
  • TS: Tidak Setuju. 
  • N: Netral. 
  • S: Setuju. 
  • SS: Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena saya yakin pelayanan yang akan diberikan oleh Hotel Syariah sangat ramah. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena saya yakin Pelanggan Hotel Syariah akan diperlakukan secara adil. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena saya yakin ruangan yang akan disediakan oleh Hotel Syariah bersih dan nyaman. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena saya yakin pelayanan yang akan diberikan oleh Hotel Syariah cepat dan tanggap. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena harga produk/jasa Hotel Syariah terjangkau. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena informasi harga yang diberikan Hotel Syariah lengkap, jelas, dan jujur. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena promo-promo yang Hotel Syariah sediakan sangat menarik. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena branding Hotel Syariah menarik/terkenal, dan sesuai dengan syariat Islam. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena ruangan parkir yang disediakan oleh Hotel Syariah cukup luas dan memadai. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena Hotel Syariah memiliki desain interior yang menarik. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena saya mendapatkan produk/jasa halal di Hotel Syariah. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Saya memilih Hotel Syariah karena mempertimbangkan kehalalan produk/jasa di Hotel Syariah. 

  1. Sangat Tidak Setuju. 
  2. Tidak Setuju. 
  3. Netral. 
  4. Setuju. 
  5. Sangat Setuju. 

Setelah mengisi semuanya, kemudian klik kirim tanggapan kuesionernya. 

Sumber: WSS.

0 comments:

Posting Komentar