PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Inklusif

Kamis, 9 Maret 2023 - Pelatihan hari keempat masih dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik Sekolah Inklusi SD dan SMP Tahun 2023 dengan materi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Inklusif yang dipaparkan oleh Bapak Rubimin (Kelompok Kerja Pendidikan Inklusif Jakarta Timur) sebagai narasumbernya. Pelatihan dilaksanakan melalui daring Zoom Meeting ID: 510 040 4618 (timur).

MODIFIKASI PROSES

Berkaitan dengan kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik, guru, dan komponen lainnya supaya peserta didik menguasai kompetensi yang diharapkan. Proses pembelajaran itu berkaitan dengan lima hal dan tidak lepas dari waktu, cara, tempat atau lingkungan, sumber, dan media atau alat.

Contoh modifikasi proses:

  • Waktu belajar diperpanjang.
  • Pembelajaran sewaktu-waktu dilaksanakan di ruang khusus (resource room) atau ruang tertentu lainnya.
  • Penggunaan alat bantu khusus dalam pembelajaran.
  • Penggunaan guru pendamping (shadow teacher). Perannya sebagai guru, bukan pelayan.
  • Penempatan posisi tempat duduk pada lokasi tertentu (dekat dengan guru), disesuaikan dengan peserta didik yang berkebutuhan khusus.
  • Pemanfaatan siswa regular sebagai tutor sebaya.
  • Pemberian tugas khusus yang berbeda dengan peserta didik lain.
  • Pemberian penjelasan atau pembelajaran khusus di luar jam belajar umum, diutamakan yang menggunakan PPI (penggunaan pembelajaran individual).
  • Penggunaan bahan atau sumber ajar yang berbeda (khusus).

SILABUS AKOMODATIF

Silabus akomodatif ini diambil dari mata pelajaran IPA

Kompetensi Dasar:

  • 3.5. Mengklasifikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
  • 4.5. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.

Materi Pokok: Benda-benda di sekitar.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  • 3.5.1. Menyebutkan nama-nama benda yang ada di sekitar. *)
  • 3.5.2. Menyebutkan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah. *)
  • 3.5.3. Menyebutkan benda-benda di sekitar yang bukan buatan. *)
  • 3.5.4. Menyebutkan manfaat atau kegunaan benda-benda di sekitar. *)
  • 3.5.5. Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dan benda mati. *)
  • 4.5.1. Membuat tabel nama-nama benda yang ada di sekitar. *)
  • 4.5.2. Mengelompokkan makhluk hidup dan benda mati di sekitar. *)
  • 4.5.3. dan seterusnya.

Pembelajaran:

  • Mengamati berbagai benda-benda di sekitar.
  • Mengumpulkan informasi dan menganalisis benda-benda di sekitar.
  • dan seterusnya.

AKOMODASI PENILAIAN

  1. Evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan atau kompetensi yang telah ditetapkan.
  2. Proses evaluasi pembelajaran.
  3. Adaptasi isi.
  4. Modifikasi waktu.
  5. Modifikasi tempat.
  6. Modifikasi cara.
  7. Modifikasi alat.

DISKUSI/PERTANYAAN

Penjelasan yang disampaikan cukup jelas dan dipahami oleh peserta pelatihan.

Ibu Kartika Megasari: Dalam seni rupa sendiri, peserta didik belum mampu dalam membuat persegi. Guru memberikan contoh terlebih dahulu, setelah itu peserta didik menjiplak dan menirukan objek yang ada.

Ibu Jeanny Maria: Penjelasan sudah jelas dan dapat diterapkan pada sekolahnya.

TUGAS INDIVIDU

Tentukan satu pasang KD sesuai dengan mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu, kemudian buatlah silabus dan RPP yang akomodatif berdasarkan kasus pada materi identifikasi dan asesmen. (Dapat menggunakan RPP 3 komponen atau RPP K13).


PRESENTASI TUGAS

Pemaparan tugas diawali dari Kelompok B3, hasil paparan tersebut perlu direvisi kembali.

Pemaparan Tugas Kelompok B2:

Narasumber: Bapak Rubimin

Co-Host: Ibu Dian Dwi Gita

Editor: Muafi

0 comments:

Posting Komentar