PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

SOP Pos Malam

SOP merupakan sikronim dari Standart Operational Procedure, yang mana rincian aturan yang diberlakukan dalam suatu kegiatan. Nah, sekarang admin akan memberi informasi kepada kalian para pembaca mengenai apa saja yang termasuk dalam SOP itu.

Admin ambil contoh dari sebuah kegiatan yang pernah diadakan oleh Koperasi Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Pendidikan Dasar atau sering disebut dengan Diksar.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 November 2017 silam memakai SOP Kegiatan POS Malam. Apa saja sih yang pos-pos tersebut?

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, kalau di acara ini dibagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok memiliki seorang leader (pemimpin). Setiap kelompok akan disebar kepada pos-pos secara acak dan serentak. Setiap leader harus dapat mengenalkan anggotanya dan sebelum masuk ke materi, setiap peserta diharuskan memakan jahe yang sudah disiapkan oleh panitia.

Dalam kegiatan juga harus ada penanggung jawab dan time keeper (pengatur waktu). Kegiatan juga disertai dengan waktu, agar kegiatan dapat terlaksana sesuai jadwal.

Adapun proses-proses yang harus dilalui oleh peserta, diantaranya sebagai berikut:

  1. POS I : Pos Mengenal Koperasi - Di pos pertama ini diberi waktu selama 15 menit. Setiap peserta akan diuji pengetahuan mereka seputar koperasi. Sebarapa jauh mereka mengenal kopma, baik Kopma UIN maupun yang ada di Indonesia. Bisa terkait dengan Undang-Undang Koperasi, struktur koperasi, dan lain-lain.
  2. POS II : Pos Motivasi - Dalam pos ini, peserta diharapkan mampu mengekspresikan perasaannya dan menggali kemampuan dirinya. Bisa terkait dengan motivasi mereka mengikuti UKM Kopma. Waktu yang diberikan adalah 15 menit.
  3. POS III : Pos Konsistensi dan Organisasi - Tujuan pos ini adalah untuk mengetahui keseriusan dari peserta untuk mengembangkan kopma. Masing-masing anggota kelompok akan ditanya pendapat tentang sesuatu apa yang akan diberikan ke kopma. Waktunya 15 menit.
  4. POS IV : Pos Pengetahuan Umum - Tujuan pos yang terakhir ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan peserta mengenai informasi terbaru saat ini. Waktunya 15 menit.
Begitulah penjelasan secara singkat mengenai SOP yang berada di pos-pos malam tersebut.

0 comments:

Posting Komentar