PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

Adam Smith

Adam Smith lahir di kota Kirkcaldy, Skotlandia, tahun 1723. Waktu remaja dia belajar di Universitas Oxford. Dari tahun 1751 sampai 1764 dia menjadi mahaguru di Universitas Glasgow. Selama di situlah dia menerbitkan buku pertamanya: Theory of Moral Sentiments, yang mengangkat dirinya ke tengah-tengah masyarakat intelektual. Puncak kemahsyurannya terutama terletak pada buku karya besarnya: An Inquiry Into The Nature and Causes of The Wealth of Nations yang terbit tahun 1776.

Adam Smith bukanlah orang pertama yang mengabdikan diri pada teori ekonomi, dan gagasan-gagasannya yang terkenal bukanlah asli keluar dari kepalanya. Akan tetapi, dialah orang pertama yang mempersembahkan teori ekonomi yang sistematik dan tepat sebagai dasar bertolak untuk kemajuan bidang itu di masa depan. Atas dasar alasan itu, layaklah dianggap bahwa The Wealth of Nations merupakan pangkal tolak dari penelitian modern politik ekonomi.

Smith dengan gigih menekankan bahwa peningkatan produksi dapat dicapai lewat pembagian kerja yang tepat. Dia menolak semua peraturan pemerintah yang usang dan campur tangannya serta hambatan-hambatan yang menghalangi perkembangan dan perluasan industri. Smith percaya pada sistem perdagangan bebas dan menentang keras harga tinggi. Pada dasarnya dia menentang keras campur tangan pemerintah di bidang bisnis dan pasar bebas. Campur tangan ini, kata Smith, hampir senantiasa akan mengakibatkan kemerosotan efisiensi ekonomi dan ujung-ujungnya akan menaikkan harga.

Sejak teori ekonomi berkembang pesat sesudah masa Smith, dan beberapa gagasannya tergeser oleh pendapat-pendapat lain, sangatlah mudah mengecilkan arti penting Adam Smith. Meski begitu, fakta menunjukkan, dialah pemula dan pendiri tokoh ekonomi sebagai suatu studi yang sistematis, dan dia sesungguhnya tokoh terkemuka dalam sejarah pemikiran manusia.

Source: 
  • Diolah dari www.adamsmith.org
  • Buku ajar Matematika, EKSIS (Efektif untuk Kegiatan Siswa)

0 comments:

Posting Komentar