Giat Kerja Bakti Warga Rw. 16 Cililitan

Minggu, 8 Desember 2024 - Komunitas

LPJ Triwulan 3 Kopma UIN Jakarta 2024

Jum'at, 6 Desember 2024 - Koperasi

LMS UNJ Error, Menyulitkan Pejuang Sarjana

Rabu, 4 Desember 2024 - Teknologi Kampus

Munas Dekopin Menuju Indonesia Emas

Minggu, 1 Desember 2024 - Koperasi

Beli Isuzu Sekarang Juga! Sebelum Menyesal

Jum'at, 29 November 2024 - Otomotif

Pertanyaan Terkait Pembelajaran dan Asesmen

Pertanyaan terkait pembelajaran dan asesmen:

Umum:

  • Indikator dalam menentukan asesmen.
  • Strategi untuk mengimplementasikan pembelajaran terdiferensiasi dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terbatas, namun pembelajaran dapat berjalan optimal, misalnya dalam 1 kelas hanya ada 1 guru.
  • Prinsip dan prosedur asesmen pada buku panduan pembelajaran dan asesmen terbaru cenderung didominasi asesmen sumatif.
  • Cara melakukan asesmen menyeluruh pada karakter peserta didik ketika dalam satu tahun hanya fokus pada 2-3 dimensi profil pelajar Pancasila.

PAUD (Pendidikan Usia Dini):

  • Asesmen yang diterapkan di jenjang PAUD.
  • Penyimpulan penilaian dalam jenjang PAUD.

Dasmen (Pendidikan Dasar & Menengah):

  • Asesmen bisa diisi oleh siapa (apakah boleh dilakukan oleh teman sebaya).
  • Kriteria kenaikan kelas.

SLB (Sekolah Luar Biasa):

  • Asesmen untuk SLB.

Sumber: Dedeh Mardiyah.

Indikator Penilaian Keterampilan Bahasa Inggris

Dalam penilaian keterampilan terdapat 6 unsur, diantaranya sebagai berikut:

  1. Teknik Penilaian : Tes Tertulis dan Praktik.
  2. Bentuk Instrumen : Tes Tertulis.
  3. Tes Praktik Keterampilan Berbicara, dan Rubrik Penilaian Tes Praktik.
  4. Kisi-Kisi : Tes Tertulis dan Tes Praktik.
  5. Instrumen.
  6. Petunjuk Penentuan Skor.

Indikator Kisi-Kisi Tes Tertulis:

  1. Disajikan beberapa gambar peserta didik melengkapi label berdasarkan gambar dengan menuliskan huruf I untuk Instruksi dan P untuk Prohibition.
  2. Disajikan teks rumpang ungkapan memberi perintah dan larangan siswa melengkapi dengan memilih kata yang sesuai.
  3. Disajikan kalimat yang menyatakan situasi, peserta didik membuat kalimat ungkapan memberi instruksi dan larangan.

Indikator Kisi-Kisi Tes Praktik:

  • Disajikan 2 kartu situasi yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan memberi perintah, larangan, dan responsnya dengan lancar, runtut, serta berterima secara berpasangan.

Sumber: Eem Suhaeni, S.Pd.

Kenali Istilah Kurikulum Merdeka

Istilah dalam Kurikulum Merdeka:

  1. PROTA (Program Tahunan).
  2. PROMES diganti menjadi PROSEM (Program Semester).
  3. Silabus diganti menjadi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).
  4. KI (Kompetensi Indikator) diganti menjadi CP (Capaian Pembelajaran).
  5. RPP diganti menjadi Modul Ajar.
  6. KD (Kompetensi Dasar) diganti menjadi TP (Tujuan Pembelajaran).
  7. KKM (Kriteria Ketercapaian Minimum) diganti menjadi KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran).
  8. IPK diganti menjadi IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran).
  9. PH (Penilaian Harian) diganti menjadi Sumatif.
  10. PTS (Penilaian Tengah Semester) diganti menjadi STS (Sumatif Tengah Semester).
  11. PAS (Penilaian Akhir Semester) diganti menjadi SAS (Sumatif Akhir Semester).
  12. Indikator Soal diganti menjadi Indikator Assesmen.
  13. Penilaian Teman Sejawat diganti menjadi Formatif.

Sumber: Postingan ulang Ibu Anisah.

Belajar Iqro Metode As-Syafi'i

Ayo Ngaji! di Griya Bimbingan Qur'an (GBQ) Al-Ishmah, mencetak generasi Qur'ani yang Lafdzan, wa Ma'nan, wa 'Amalan. Belajar Iqro dengan metode Asy-Syafi'i terbukti efektif dan cepat untuk belajar Al-Qur'an. GBQ menyediakan program:

  1. Kelas IQRO'.
  2. Kelas TAHSIN.
  3. Kelas TAHFIDZ.
  4. Kelas INTENSIF.

"Tidak ada kata terlambat untuk belajar Qur'an. Yuk, kita wujudkan hidup mulai bersama Qur'an dengan belajar ngaji di GBQ Al-Ishmah."

Lokasi Griya Bimbingan Qur'an Al-Ishmah.

Instagram Griya Bimbingan Qur'an Al-Ishmah.