Pertanyaan terkait pembelajaran dan asesmen:
Umum:
- Indikator dalam menentukan asesmen.
- Strategi untuk mengimplementasikan pembelajaran terdiferensiasi dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terbatas, namun pembelajaran dapat berjalan optimal, misalnya dalam 1 kelas hanya ada 1 guru.
- Prinsip dan prosedur asesmen pada buku panduan pembelajaran dan asesmen terbaru cenderung didominasi asesmen sumatif.
- Cara melakukan asesmen menyeluruh pada karakter peserta didik ketika dalam satu tahun hanya fokus pada 2-3 dimensi profil pelajar Pancasila.
PAUD (Pendidikan Usia Dini):
- Asesmen yang diterapkan di jenjang PAUD.
- Penyimpulan penilaian dalam jenjang PAUD.
Dasmen (Pendidikan Dasar & Menengah):
- Asesmen bisa diisi oleh siapa (apakah boleh dilakukan oleh teman sebaya).
- Kriteria kenaikan kelas.
SLB (Sekolah Luar Biasa):
- Asesmen untuk SLB.
Sumber: Dedeh Mardiyah.