Giat Kerja Bakti Warga Rw. 16 Cililitan

Minggu, 8 Desember 2024 - Komunitas

LPJ Triwulan 3 Kopma UIN Jakarta 2024

Jum'at, 6 Desember 2024 - Koperasi

LMS UNJ Error, Menyulitkan Pejuang Sarjana

Rabu, 4 Desember 2024 - Teknologi Kampus

Munas Dekopin Menuju Indonesia Emas

Minggu, 1 Desember 2024 - Koperasi

Beli Isuzu Sekarang Juga! Sebelum Menyesal

Jum'at, 29 November 2024 - Otomotif

Pelatihan Pembelajaran Berbasis Empati (Empathy Based Learning) bagi Guru SMP

Jum'at, 13 Oktober 2023 - Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Kota Administrasi Jakarta Timur mengundang acara kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Empati (Empathy Based Learning) bagi Guru SMP Negeri dan Swasta melalui daring Zoom online. 

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Empati (Empathy Based Learning) bagi Guru SMP, dengan ini mengharapkan Kepala Sekolah SMP Negeri maupun Swasta menugaskan guru sebagaimana tercantum dalam lampiran surat untuk mengikuti pelatihan tersebut pada tanggal 23 s/d 27 Oktober 2023 selama 5 (lima) hari kerja dengan metode daring (dalam jaringan), pukul 08.00 s/d 16.00 WIB, dengan ketentuan sebagai berikut: 

  1. Peserta mengikuti video conference pelatihan melalui join zoom meeting. Meeting ID: 510 040 4618, passcode: timur
  2. Mengunggah surat tugas dari Kepala Sekolah melalui laman P4 Jakarta (juknis terlampir), file pdf (Max 1 MB). 
  3. Sekolah wajib menugaskan satu orang guru untuk mengikuti pelatihan. 
  4. Peserta wajib konfirmasi keikutsertaan kehadiran dengan menghubungi Gita (087884008128) WA pada hari dan jam kerja. 
  5. Batas waktu konfirmasi dan menginput token pada hari Jum'at, 20 Oktober 2023 pukul 12.00 (token terlampir). 
  6. Para peserta diwajibkan menggunakan email Gmail (www.gmail.com) untuk pendaftaran di situs P4 Jakarta

PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) PENDAFTARAN AKUN, GABUNG PELATIHAN DAN UPLOAD SURAT JALUR UNDANGAN 

  • TOKEN Pelatihan dapat dilihat di list daftar peserta pada lampiran undangan
  • Buka website P4 JAKARTA. Jika sebelumnya sudah pernah memiliki akun dan melaksanakan pelatihan menggunakan situs P4 Jakarta Timur, mohon dilanjutkan ke step Nomor 6. Jika belum pernah, klik Daftar
  • Pilih Daftar sebagai Pendidik Tenaga Kependidikan

  • Isi data diri peserta dengan lengkap. Mohon dipastikan email yang terdaftar adalah email yang aktif. Lalu klik register

  • Cek email masuk pada email yang didaftarkan, kemudian klik / copy paste link yang dikirimkan ke email peserta ke Google Chrome / Microsoft Edge untuk aktivasi akun P4 Jakarta Timur. 
  • Login (Masuk) ke aku sesuai email dan password yang didaftarkan. 

  • Klik menu Pelatihan, kemudian masukkan Token pelatihan yang tercantum di lampiran. 

Undangan pada Sub Menu Gabung Pelatihan, lalu klik Join

  • Klik Nama Pelatihan yang diikuti, lalu saar muncul notifikasi pilih OK

  • Untuk verifikasi data diri mohon untuk mengambil Swafoto ddengan klik Captured Foto lalu Simpan. Kemudian Upload Surat Tugas pada kolom yang tersedia (File berupa PDF dengan ukuran maksimal 1 MB). 

Adapun daftar sekolah yang mengikuti sebagai peserta pelatihan peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis empati (empathy bassed learning) bagi guru SMP, kegiatan peningkatan kompetensi pendidik wilayah Jakarta Timur 1 sebagai berikut: 

Kecamatan Cakung: 

  1. SMP Negeri 90. 
  2. SMP Negeri 138. 
  3. SMP Negeri 144. 
  4. SMP Negeri 146. 
  5. SMP Negeri 168. 
  6. SMP Negeri 172. 
  7. SMP Negeri 193. 
  8. SMP Negeri 234. 
  9. SMP Negeri 236. 
  10. SMP Negeri 262. 
  11. SMP Negeri 256. 
  12. SMP Negeri 284. 
  13. SMP Al Wathoniyah 9. 
  14. SMP Assyairiyah Attahiriyah. 
  15. SMP Bhakti Mulia. 
  16. SMP Diponegoro 2. 
  17. SMP Global Mandiri. 
  18. SMP Islam Al-Azhar 22. 
  19. SMP Kristen Tunas Bangsa. 
  20. SMP YP IPPI. 

Kecamatan Duren Sawit: 

  1. SMP Negeri 6. 
  2. SMP Negeri 19. 
  3. SMP Negeri 27. 
  4. SMP Negeri 51. 
  5. SMP Negeri 117. 
  6. SMP Negeri 135. 
  7. SMP Negeri 139. 
  8. SMP Negeri 165. 
  9. SMP Negeri 167. 
  10. SMP Negeri 194. 
  11. SMP Negeri 198. 
  12. SMP Negeri 199. 
  13. SMP Negeri 202. 
  14. SMP Negeri 213. 
  15. SMP Negeri 252. 
  16. SMP Negeri 255. 
  17. SMP As Saadah. 
  18. SMP Budi Mulia Utama. 
  19. SMP Corpatarin. 
  20. SMP Islam Ar Rahmah Jakarta. 
  21. SMP Islam Terpadu Al-Halimiyah. 
  22. SMP Islam Terpadu Ar-Rudho. 
  23. SMP Kristen 5 BPK Penabur. 
  24. SMP Muhammadiyah 50. 
  25. SMP Putra 1. 
  26. SMP Strada Santa Anna. 

Kecamatan Jatinegara: 

  1. SMP Negeri 14. 
  2. SMP Negeri 25. 
  3. SMP Negeri 26. 
  4. SMP Negeri 36. 
  5. SMP Negeri 52. 
  6. SMP Negeri 62. 
  7. SMP Negeri 148. 
  8. SMP Negeri 149. 
  9. SMP Negeri 243. 
  10. SMP Annuriyyah. 
  11. SMP Cawang Baru. 
  12. SMP ST. Vincentius. 

Kecamatan Matraman: 

  1. SMP Negeri 7. 
  2. SMP Negeri 97. 
  3. SMP Nurul Imam. 

Kecamatan Pulo Gadung: 

  1. SMP Negeri 44. 
  2. SMP Negeri 74. 
  3. SMP Negeri 92. 
  4. SMP Negeri 99. 
  5. SMP Negeri 158. 
  6. SMP Negeri 232. 
  7. SMP Bahagia. 
  8. SMP Diponegoro 1. 
  9. SMP Don Bosco II. 
  10. SMP Garuda. 
  11. SMP Islam Al-Azhar 12. 
  12. SMP Islam Tugasku. 
  13. SMP Labschool Jakarta. 
  14. SMP Muhammadiyah 31. 
  15. SMP ST. Fransiskus II Jakarta. 
  16. SMP Tarakanita 4. 
  17. SMP YWKA II. 
  18. SMP Swasta Islam At Taubah. 

Daftar sekolah yang mengikuti sebagai peserta pelatihan peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis empati (empathy bassed learning) bagi guru SMP, kegiatan peningkatan kompetensi pendidik wilayah Jakarta Timur 2 sebagai berikut: 

Kecamatan Cipayung: 

  1. SMP Negeri 81. 
  2. SMP Negeri 157. 
  3. SMP Negeri 160. 
  4. SMP Negeri 180. 
  5. SMP Negeri 192. 
  6. SMP Negeri 196. 
  7. SMP Negeri 222. 
  8. SMP Negeri 230. 
  9. SMP Negeri 237. 
  10. SMP Negeri 246. 
  11. SMP Negeri 259. 
  12. SMP Negeri 272. 
  13. SMP Negeri 283. 
  14. SMP Al-Jannah. 
  15. SMP PGRI 9. 
  16. SMP Santo Markus II. 
  17. SMP Taruna Harapan Bangsa. 

Kecamatan Ciracas: 

  1. SMP Negeri 9. 
  2. SMP Negeri 106. 
  3. SMP Negeri 147. 
  4. SMP Negeri 171. 
  5. SMP Negeri 174. 
  6. SMP Negeri 188. 
  7. SMP Negeri 208. 
  8. SMP Negeri 210. 
  9. SMP Negeri 233. 
  10. SMP Negeri 257. 
  11. SMP Negeri 258. 
  12. SMP Bina Dharma. 
  13. SMP Islam Al-Azhar 19 Cibubur. 
  14. SMP Islam Al-Maruf. 
  15. SMP Perguruan Advent XV. 

Kecamatan Kramat Jati: 

  1. SMP Negeri 20. 
  2. SMP Negeri 24. 
  3. SMP Negeri 35. 
  4. SMP Negeri 49. 
  5. SMP Negeri 50. 
  6. SMP Negeri 126. 
  7. SMP Negeri 150. 
  8. SMP Negeri 209. 
  9. SMP Negeri 263. 
  10. SMP Negeri 281. 
  11. SMP Budhi Warman. 
  12. SMP EMIISc Jakarta. 
  13. SMP Global Islamic School. 
  14. SMP Marsudirini. 
  15. SMP Muhamadiyah IV. 
  16. SMP Santo Markus. 
  17. SMP Swasta Islamic Terpadu Buahati Islamic School. 
  18. SMP Trampil. 
  19. SMP Trisoko. 

Kecamatan Makasar: 

  1. SMP Negeri 80. 
  2. SMP Negeri 109. 
  3. SMP Negeri 128. 
  4. SMP Negeri 214. 
  5. SMP Negeri 268. 
  6. SMP Negeri 275. 
  7. SMP Negeri 287. 
  8. SMP Angkasa. 
  9. SMP Jakarta Islamic School. 

Kecamatan Pasar Rebo: 

  1. SMP Negeri 91. 
  2. SMP Negeri 102. 
  3. SMP Negeri 103. 
  4. SMP Negeri 179. 
  5. SMP Negeri 184. 
  6. SMP Negeri 203. 
  7. SMP Negeri 217. 
  8. SMP Negeri 223. 
  9. SMP Negeri 251. 
  10. SMP Ignatius Slamet Riyadi. 
  11. SMP Islam Malahayati.
  12. SMP Islam PB Soedirman. 
  13. SMP Kartika VIII-1. 
  14. SMP Noah. 

Catatan: 

  1. Bapak/Ibu Guru yang mengikuti pelatihan wajib konfirmasi untuk link WhatsApp Grup (WAG). 
  2. Bapak/Ibu Guru yang ingin mengikuti pelatihan ini di luar undangan dapat menghubungi (Gita: 087884008128 - WA Pesan). Bagi 30 orang tercepat. 

Tembusan: 

  1. Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. 
  2. Kepala Sudin Pendidikan Wilayah I dan II Kota Administrasi Jakarta Timur. 

Sumber: Yanto - NIP. 196607021992031008 (Plt. Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Kota Administrasi Jakarta Timur). 

Soal SBK ATS Ganjil TP 23/24 Kelas 8 SMP

Soal berikut merupakan Soal Asesmen Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Kesenian (SBK) Kelas VIII (Delapan) Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

PETUNJUK UMUM: 

  1. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B, sesuai petunjuk. 
  2. Periksa dan bacalah soal sebelum anda menjawab. 
  3. Laporkan kepada Pengawas Ruang apabila lembar soal kurang jelas, rusak atau tidak lengkap. 
  4. Tidak diijinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu lainnya. 
  5. Periksa pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada Pengawas Ruang. 

SOAL PILIHAN GANDA. 

1. Suatu penggambaran objek yang memberikan kesan pergerakan dengan alur yang teratur disebut .... 

  • A. Kesatuan. 
  • B. Irama. 
  • C. Keselarasan. 
  • D. Keseimbangan. 

2. Suatu penggambaran objek yang memberikan kesan keseuaian antara bagian yang satu dengan bagian yang lain dalam suatu benda, atau benda satu dengan benda lain yang dipadukan disebut .... 

  • A. Kesatuan. 
  • B. Keselarasan. 
  • C. Perspektif. 
  • D. Keseimbangan. 

3. Keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga benda-benda yang diatur satu sama lain memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antar objek gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik disebut .... 

  • A. Kesatuan. 
  • B. Irama. 
  • C. Keselarasan. 
  • D. Keseimbangan. 

4. Pertemuan dari beberapa titik disebut .... 

  • A. Garis. 
  • B. Bentuk. 
  • C. Tekstur. 
  • D. Arsiran. 

5. Garis cakrawala alam yang dapat dilihat sebagai batas antara permukaan laut dan langit disebut .... 

  • A. Garis Vertikal. 
  • B. Garis Horizontal. 
  • C. Garis buatan. 
  • D. Garis alamiah. 

6. Bidang dalam seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu .... 

  • A. Bidang alamiah dan buatan. 
  • B. Bidang lukisan dan segitiga. 
  • C. Bidang lingkaran dan alamiah. 
  • D. Bidang buatan dan segitiga. 

7. Bidang, lapangan, sawah, langit, laut merupakan contoh bidang .... 

  • A. Buatan. 
  • B. Alamiah. 
  • C. Horizontal. 
  • D. Vertikal. 

8. Perhatikan gambar berikut! 

Gambar tersebut menggunakan teknik .... 

  • A. Arsir. 
  • B. Dussel
  • C. Siluet. 
  • D. Titik. 

9. Teknik menggambar arsir lebih menekankan pada kekuatan .... 

  • A. Bentuk. 
  • B. Warna. 
  • C. Garis. 
  • D. Pencahayaan. 

10. Teknik dussel atau disebut juga teknik .... 

  • A. Arsir. 
  • B. Gosok. 
  • C. Blok. 
  • D. Akuarel. 

11. Teknik menggambar model yang menitikberatkan pada penggunaan titik (dot) untuk membentuk gambar disebut teknik .... 

  • A. Gosok. 
  • B. Titik. 
  • C. Linear. 
  • D. Plakat. 

12. Ilustrasi berasal dari bahasa Latin illustrate yang berarti .... 

  • A. Menjelaskan. 
  • B. Bayangkan. 
  • C. Keindahan. 
  • D. Informasi. 

13. Gambar yang menampilkan karakter yang dilebih-lebihkan, lucu, unik, terkadang mengandung kritikan dan sindiran disebut .... 

  • A. Karikatur. 
  • B. Komik. 
  • C. Vignette
  • D. Kartun. 

14. Gambar ilustrasi yang terdiri dari rangkaian gambar yang saling melengkapi dan memiliki alur cerita disebut .... 

  • A. Karikatur. 
  • B. Komik. 
  • C. Vignette
  • D. Kartun. 

15. Berikut yang bukan bentuk objek gambar ilustrasi adalah .... 

  • A. Manusia. 
  • B. Hewan. 
  • C. Tumbuhan. 
  • D. Benda luar angkasa. 

16. Berikut alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar ilustrasi dengan teknik kering, kecuali .... 

  • A. Pensil. 
  • B. Arang. 
  • C. Cat air. 
  • D. Kapur. 

17. Karya sastra berupa cerita pendek, puisi, sajak, akan nampak lebih menarik minat orang membacanya apabila disertai dengan gambar .... 

  • A. Model. 
  • B. Ilustrasi. 
  • C. Kartun. 
  • D. Komik. 

18. Gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang fungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas narasi disebut .... 

  • A. Komik. 
  • B. Kartun. 
  • C. Vignette. 
  • D. Karikatur. 

19. Cara mewujudkan gambar dengan menyusun titik-titik sehingga membentuk suatu objek tertentu, kesan gelap dan terang ditentukan oleh jumlah titik dalam satu area, semakin banyak semakin kuat kesan gelap terangnya merupakan teknik .... 

  • A. Dot. 
  • B. Scraper board. 
  • C. Arsir. 
  • D. Goresan kering. 

20. Corak gambar ilustrasi yang dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, baik proporsi maupun anatomi dibuat sama menyerupai dengan objek yang digambar disebut .... 

  • A. Realis. 
  • B. Karikatur. 
  • C. Kartun. 
  • D. Komik. 

21. Gambar yang menjadi unsur paling sering ditampilkan dalam gambar ilustrasi adalah .... 

  • A. Hewan. 
  • B. Tumbuhan. 
  • C. Manusia. 
  • D. Benda angkasa. 

22. Tokoh yang dikenal sebagai Bapak Kartun Modern adalah .... 

  • A. Itos Budi Santosa. 
  • B. Hari Pede. 
  • C. Gunawan Raharjo. 
  • D. William Hogart. 

23. Gambar penghias suatu ruang khusus atau kolom pada media cetak disebut ilustrasi .... 

  • A. Cerita. 
  • B. Rubrik. 
  • C. Karya sastra. 
  • D. Komik. 

24. Gambar atau foto yang menghiasi iklan produk tertentu disebut ilustrasi .... 

  • A. Periklanan. 
  • B. Rubrik. 
  • C. Pada buku pelajaran. 
  • D. Karya sastra. 

25. Indonesia mulai membuat ilustrasi untuk uang kertas sendiri pada masa .... 

  • A. Orde lama. 
  • B. Orde baru. 
  • C. Orde reformasi. 
  • D. Sebelum kemerdekaan. 

26. Lagu yang dinyanyikan secara turun-temurun dan merupakan budaya bangsa yaitu lagu .... 

  • A. Daerah. 
  • B. Pop. 
  • C. Modern. 
  • D. Religi. 

27. Lagu Ilir-Ilir mengandung nilai .... 

  • A. Agama. 
  • B. Sosial. 
  • C. Ekonomi. 
  • D. Politik. 

28. Lagu Padang Wulan mengandung nilai .... 

  • A. Ekonomi. 
  • B. Sosial. 
  • C. Politik. 
  • D. Keagamaan. 

29. Lagu Gambang Suling berasal dari daerah .... 

  • A. Jawa Barat. 
  • B. Jawa Tengah. 
  • C. Jawa Timur. 
  • D. Bali. 

30. Di bawah ini yang bukan lagu daerah dari Jawa Tengah adalah .... 

  • A. Apuse. 
  • B. Prau Layar. 
  • C. Tukung-Tukung. 
  • D. Gambang Suling. 

31. Berikut bukan termasuk kedudukan lagi daerah bagi masyarakat Indonesia, yaitu .... 

  • A. Sarana upacara adat. 
  • B. Pengiring tari. 
  • C. Media bermain. 
  • D. Tidak diketahui penciptanya. 

32. Lagu daerah Cublak-Cublak Suweng merupakan salah satu lagu yang sering dipergunakan sebagai media .... 

  • A. Komunikasi. 
  • B. Pengiring tari dan pertunjukan. 
  • C. Upacara adat. 
  • D. Bermain. 

33. Ayam Den Lapeh adalah lagu daerah yang berasal dari .... 

  • A. Aceh. 
  • B. Kalimantan. 
  • C. Jawa Timur. 
  • D. Sumatera Barat. 

34. Lagu daerah Rek Ayo Rek memiliki dialek asli daerah .... 

  • A. Surabaya. 
  • B. Semarang. 
  • C. Surakarta. 
  • D. Yogyakarta. 

35. Pengucapan kata dengan jelas pada saat bernyanyi dikenal dengan istilah .... 

  • A. Frasering. 
  • B. Intonasi. 
  • C. Artikulasi. 
  • D. Pernapasan. 

36. Perkembangan lagu daerah menilik hubungan yang positif dengan .... 

  • A. Rumah adat. 
  • B. Alat musik daerah. 
  • C. Baju adat. 
  • D. Kebudayaan daerah. 

37. Jenis teknik menyanyi yang biasanya dilakukan pada kegiatan pramuka adalah .... 

  • A. Akapela. 
  • B. Nasyid. 
  • C. Paduan suara. 
  • D. Kanon. 

38. Dalam bernyanyi, jenis pernapasan yang baik digunakan adalah pernapasan .... 

  • A. Diafragma. 
  • B. Dada. 
  • C. Perut. 
  • D. Bahu. 

39. Angklung merupakan alat musik daerah yang biasanya dipergunakan untuk mengiringi lagu daerah .... 

  • A. Jawa Barat. 
  • B. Nusa Tenggara Timur. 
  • C. Sumatera. 
  • D. Jawa Timur. 

40. Sasando adalah alat musik dari daerah .... 

  • A. Maluku. 
  • B. Timor-Timor. 
  • C. Nusa Tenggara Timur. 
  • D. Bali. 

41. Udjo Ngalagena merupakan salah satu tokoh yang mengembangkan musik .... 

  • A. Angklung. 
  • B. Kolintang. 
  • C. Gamelan. 
  • D. Calung. 

42. Seseorang yang mencipta dan menulis komposisi musik disebut .... 

  • A. Arranger. 
  • B. Konduktor. 
  • C. Komponis. 
  • D. Pencipta lagu. 

43. Contoh alat musik daerah yang digunakan sebagai media komunikasi pada masyarakat adalah .... 

  • A. Kentongan. 
  • B. Sound system. 
  • C. Drum. 
  • D. Drum band. 

44. Teknik yang paling umum dipakai dalam bermain angklung adalah .... 

  • A. Kurulung. 
  • B. Cengkok. 
  • C. Tangkep. 
  • D. Sentak. 

45. Teknik sentak dalam bermain angklung disebut teknik .... 

  • A. Getar. 
  • B. Cengkok. 
  • C. Tangkep. 
  • D. Kurulung. 

46. Tahap awal dalam berlatih angklung adalah .... 

  • A. Mempersiapkan unit angklung sesuai aransemennya. 
  • B. Mempelajari lagu. 
  • C. Menghafal not. 
  • D. Pilih lagu dengan aransemennya. 

47. Angklung kenekes sering dikenal sebagai angklung .... 

  • A. Badui. 
  • B. Melayu. 
  • C. Batak. 
  • D. Sunda. 

48. Angklung gubrag digunakan untuk .... 

  • A. Upacara kematian. 
  • B. Upacara lahiran bayi. 
  • C. Menghormati Dewi Padi. 
  • D. Hiburan semata. 

49. Unisono adalah .... 

  • A. Satu suara. 
  • B. Dua suara. 
  • C. Tiga suara. 
  • D. Empat suara. 

50. Musik tradisional Nusantara asal Betawi, yaitu .... 

  • A. Gambang kromong. 
  • B. Keroncong. 
  • C. Gong luang. 
  • D. Santi secara dan lawas madya.. 

by Guru Mata Pelajaran Seni Budaya dan Kesenian.

Pembinaan Netralitas Pegawai Menghadapi Pemilu

Menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor: e-0036/SE/2023 tentang Pembinaan Netralitas Pegawai dalam Menghadapi Pemilihan Umum, dimohon kepada seluruh Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menandatangani pakta integritas yang dapat diunduh pada pdf dibawah. 

Berikut format pakta integritas yang harus diisi dengan sebenar-benarnya: 

PAKTA INTEGRITAS 

Saya (tulis nama Anda), (tulis jabatan Anda), menyatakan sebagai berikut: 

  1. Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024. 
  2. Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada Pegawai Aparatur Sipil Negara dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu. 
  3. Menggunakan media sosial secara bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu, dan tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong. 
  4. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun. 

Demikian pakta integritas ini saya buat dan apabila saya melanggar hal-hal yang telah saya nyatakan dalam Pakta Integritas ini, saya bersedia menerima sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Jakarta, (isi tanggal dibuatnya pakta integritas) 



(isi Nama Lengkap Anda) 


Diksarkop 38 Kopma UIN Syarif Hidayatullah


Sejak Jum'at s/d Minggu, 29 September s/d 1 Oktober 2023 Koperasi Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah telah melaksanakan Pendidikan Dasar Koperasi yang ke-38 bagi para kadernya. Kegiatan ini bertemakan "Mewujudkan Kader Koperasi Mahasiswa yang Berkualitas, Berintegritas, dan Responsif di Era Digitalisasi Koperasi." 

Dalam kegiatan ini diisi dengan beragam materi, di antaranya sebagai berikut: 

  • Sejarah Perkembangan Koperasi Indonesia dan Dunia. 
  • Organisasi dan Badan Usaha Koperasi Mahasiswa. 
  • Ideologi dan Landasan Hukum Koperasi. 
  • Kewirakoperasian. 
  • Teknik sidang. 
  • Organisasi Gerakan Koperasi di Indonesia. 
  • Peran Anggota Koperasi Umum. 
  • Marketing atau Pemasaran. 
  • Leadership. 
  • Praktek Kepanitiaan. 

Selain materi indoor, peserta juga wajib mengikuti pendidikan outdoor yang dilaksanakan di Villa Bedugu Rod, Sawangan, Depok. Rangkaian kegiatan sangat padat sehingga para peserta harus memiliki kondisi yang fit. 

Sumber: Panitia Diksarkop 38.