Giat Kerja Bakti Warga Rw. 16 Cililitan

Minggu, 8 Desember 2024 - Komunitas

LPJ Triwulan 3 Kopma UIN Jakarta 2024

Jum'at, 6 Desember 2024 - Koperasi

LMS UNJ Error, Menyulitkan Pejuang Sarjana

Rabu, 4 Desember 2024 - Teknologi Kampus

Munas Dekopin Menuju Indonesia Emas

Minggu, 1 Desember 2024 - Koperasi

Beli Isuzu Sekarang Juga! Sebelum Menyesal

Jum'at, 29 November 2024 - Otomotif

Analisis SEM Menggunakan Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18

Perpustakaan Hibah (08/10) - Berawal dari sebuah pesan singkat masuk tanggal 06 Oktober 2015, yang menanyakan harga dari buku "Structural Equation Modeling (SEM) Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18" dan buku "Analisis SEM Menggunakan AMOS" keluaran tahun 2012. Kedua buku ini merupakan karangan Singgih Santoso yang dikeluarkan oleh Penerbit Elex Media Komputindo. Sengaja saya tuliskan kembali di Perpustakaan Hibah ini untuk sebuah informasi buku bacaan. Berikut saya akan mengulas kembali mengenai buku-buku ini.

STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) KONSEP DAN APLIKASI DENGAN AMOS 18
Detail buku:
  • Berat : 0.34 kg
  • Tahun : 2011
  • 200 Halaman
  • ISBN : 9789792792270
  • Pengarang : Singgih Santoso
  • Penerbit : Elex Media Komputindo
Metode statistik Structural Equation Modeling (SEM) saat ini semakin populer dan diaplikasikan pada banyak bidang ilmu. Berbeda dengan metode statistik seperti parametrik, nonparametrik maupun multivariat, SEM melibatkan banyak perhitungan matematis yang sangat kompleks.

Namun kemajuan teknologi informasi telah memungkinkan pengolahan data pada sebuah model SEM dilakukan dengan mudah dan cepat. AMOS 18 adalah program aplikasi SEM yang sangat user friendly namun juga powerful, sehingga saat ini program AMOS (yang terintegrasi dengan SPSS) telah banyak digunakan untuk mengolah berbagai model riset yang menggunakan metode SEM.

Membahas berbagai konsep dasar SEM serta cara penggunaan program AMOS 18 dalam membuat dan mengolah sebuah model SEM. Untuk memudahkan pemahaman, pada setiap topik disertai contoh kasus yang relevan, bagaimana AMOS 18 mengolah data yang ada, serta cara menafsir output yang ada. Isi buku disusun secara sistematis, sehingga pembaca yang belum paham tentang SEM pun tetap dapat mengikuti alur pembahasan dengan mudah.

Buku ditujukan untuk para pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang SEM, baik itu mahasiswa, peneliti atau pengguna lainnya untuk berbagai kegunaan praktis ataupun ilmiah.

Pembahasan dalam buku mencakup:
  • Pemahaman berbagai konsep dasar SEM.
  • Perbedaan variabel laten dan indikator.
  • Identifikasi model SEM.
  • Uji Asumsi Model SEM: normalitas, sample size.
  • Membuat dan mengedit sebuah model SEM menggunakan AMOS.
  • Mempersiapkan sebuah Model SEM untuk diuji.
  • Uji Measurement Model.
  • Uji Structural Model.
  • Modifikasi sebuah model SEM.
  • Multiple Group Analysis pada model SEM Structural Equation Modeling: Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18.

ANALISIS SEM MENGGUNAKAN AMOS
Kemajuan teknologi informasi memungkinkan penggunaan metode statistik tingkat lanjut yang sangat bermanfaat untuk menjelaskan hubungan antarvariabel yang kompleks, seperti Structural Equation Modelling (SEM), menjadi mudah dan praktis.

Detail buku:
  • ISBN : 6020031721
  • ISBN13 : 9786020031729
  • Tanggal terbit : 9 Maret 2012
  • Pengarang : Singgih Santoso
  • Penerbit : Elex Media Komputindo
AMOS adalah program aplikasi (SEM) yang sangat user friendly sekaligus powerful, sehingga AMOS saat ini adalah program terpopuler di Indonesia untuk mengolah berbagai model riset yang menggunakan metode SEM.

Membahas berbagai konsep dasar SEM serta cara penggunaan program AMOS dalam membuat dan mengolah sebuah model SEM.

Untuk memudahkan pemahaman, pada setiap topik disertakan contoh kasus yang relevan, bagaimana AMOS mengolah data yang ada serta cara menafsir output AMOS.

Buku ini ditujukan kepada para pemula yang baru belajar tentang SEM dan penggunaan software AMOS; karena itu, isi buku disusun secara sistematis sehingga pembaca dapat mengikuti alur pembahasan materi dengan mudah. Pembahasan mencakup:
  • Konsep dasar SEM.
  • Perbedaan variabel laten dan indikator.
  • Kovarians dan korelasi sebagai dasar estimasi.
  • Identifikasi model SEM.
  • Uji asumsi model SEM: normalitas, sample size.
  • Penggunaan ikon-ikon utama AMOS.
  • Membuat dan mengedit sebuah model SEM menggunakan AMOS.
  • Mempersiapkan sebuah model SEM untuk diuji.
  • Uji Measurement Model dan Uji Structural Model.
  • Modifikasi sebuah model SEM.
  • Multiple Group Analysis pada model SEM.
  • SEM dengan Path Analysis.
Berikut hasil link pencarian yang berkaitan dengan buku "Structural Equation Modeling (SEM) - Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18", pencarian ini menggunakan metode googling.
Referensi buku terkait.
  • 2015 (6 Juli), Singgih Santoso, Amos 22 untuk Structural Equation Modelling + CD, ISBN13: 9786020268835, Elex Media Komputindo, 244 Halaman.
  • 2014 (17 Maret), Singgih Santoso, Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan Amos 22 + CD, ISBN: 9786020234427, Elex Media Komputindo.
  • 2008, Imam Ghozali, Model Persamaan: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 16, Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
  • 2007 (September), Singgih Santoso, Structural Equation Modeling : Konsep dan Aplikasi dengan AMOS, ISBN: 9789792712803, Elex Media Komputindo.
  • 2006, Zulganef, Pemodelan Persamaan Struktural & Aplikasinya Menggunakan Amos 5, Bandung : Pustaka.

Daftar Sponsorship Event

Perpustakaan Hibah - Dari sekolah sampai tingkat universitas, bahkan sampai perusahaan-perusahaan swasta sering mengadakan acara-acara kegiatan yang pastinya akan membutuhkan sponsorship, guna kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar.


Nah, para pencari dana sponsorship tidak usah khawatir lagi. Karena admin akan membagikan informasi perusahaan-perusahaan yang dapat menerima proposal kegiatan acara. Perusahaan-perusahaan tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Perseroan:
  1. PT. Unilever.
Perusahaan elektronik:
  1. Acer Inc.
  2. Smart.
  3. PT. Panasonic Gobel Indonesia.
Perusahaan Bank:
  1. Bank Negara Indonesia (BNI).
  2. Bank Central Asia (BCA) Prioritas.
  3. Bank CIMB Niaga.
  4. Bank Central Asia (BCA).
  5. PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Perusahaan maskapai penerbangan:
  1. Air Asia.
  2. Garuda Indonesia.
Perusahaan telekomunikasi:
  1. Indosat.
  2. PT. XL Axiata, Tbk.
  3. Telkom Flexi.
  4. Esia.
  5. PT. Bakrie Telecom, Tbk.
  6. Satelindo.
Perusahaan makanan dan minuman:
  1. PT. Mayora Indah, Tbk.
  2. PT. Aqua Golden Mississppi, Tbk.
  3. PT. Nutrifood.
  4. Group Danone.
  5. Kratingdaeng.
  6. Jack N Jill.
  7. PT. Sido Muncul.
  8. PT. Ultrajaya Milk Industri, Tbk.
  9. PT. Sinar Sosro.
  10. PT. Nestle Indonesia.
  11. Campfood.
  12. PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.
  13. Milo Nestle.
  14. PT. Coca Cola Indonesia.
  15. Pocari Sweat.
  16. HiLo Teen Nutrifood.
  17. Teh Pucuk Harum.
  18. Hydro Coco (Kalbe Farma).
  19. SilverQueen.
  20. Nutrijell.
  21. Brand Essence ID.
  22. Tango (Orang Tua Group).
Perusahaan penyedia peralatan dan perlengkapan:
  1. PT. Standardpen Industries.
  2. Gramedia.
  3. Zalora Indonesia.
  4. Post-It Indonesia.
Perusahaan otomotif:
  1. Honda Motor Company.
  2. Nissan Motor Company.
  3. PT. Astra International, Tbk.
Perusahaan entertainment:
  1. Sony Music Entertainment.
Perusahaan farmasi:
  1. PT. Kalbe Farma, Tbk. (Kalbe Nutritionals).
Perusahaan kecantikan:
  1. PT. Mustika Ratu, Tbk.
  2. Marina Natural.
Perusahaan jaringan TV:
  1. Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI).
  2. Trans 7.
Perusahaan pakaian:
  1. Bloopenders Store atau Urbie Store
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pencari donatur.

Memoir - Mohammad Hatta

Gambar ini sengaja diunggah dan didapat dari kiriman via media sosial LINE.
Perpustakaan Hibah (27/9) - Berawal dari seorang adik organisasi yang meminta jasa pencarian buku langka, yang berjudul "MOHAMMAD HATTA - MEMOIR" dengan terbitan UI-Press.

Ternyata buku tersebut memang sangat sulit dicari, bahkan ketika sudah dapat informasi, buku itu sudah terjual habis dengan berbagai macam harga, mulai dari Rp60.000,- s/d Rp200.000,- yang diberikan oleh sang penjual.

Buku yang berjudul Memoir ini merupakan karangan asli wakil presiden RI pertama (Bpk. Moh. Hatta). Dalam buku ini menceritakan mengenai kehidupan beliau dari masih kecil hingga peranannya dalam memerdekakan Republik Indonesia. Buku ini dilengkapi dengan berbagai foto jadul peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah kemerdekaan RI. 

Berikut ini sebagian kecil daftar isi buku:
  1. Keluargaku,
  2. Sekolah Belanda,
  3. Melanjutkan Sekolah ke Betawi,
  4. Ke negeri Belanda,
  5. Melawat ke Jepang,
  6. Jepang menyerah kepada sekutu, dll.
Dan sebagian kecil daftar foto jadul dalam buku ini:
  1. Bung Karno,
  2. 1932,
  3. Dr Soetomo,
  4. Rumah tempat lahir,
  5. Ditempat pembuangan di Digul,
  6. Proklamasi RI,
  7. Ketika sekolah ke Mulo, Hari pernikahan, dll.

Berikut hasil link pencarian yang berkaitan dengan buku "Mohammad Hatta - Memoir", pencarian ini menggunakan metode googling.
Referensi buku "Mohammad Hatta - Memoir":
  • 1979, Cet. 1, Bandung: PT. Tintamas Indonesia, Percetakan PT. Suwarnadwipa, 597 halaman.
  • 2002, Cetakan Khusus Satu Abad Bung Hatta, Cet. 1, Jakarta: Yayasan Hatta, 599 halaman.

Jasa Kurir Logistik Terbesar di Indonesia

Di 5.000 titik perwakilan, JNE menjadi penyedia jasa kurir logistik terbesar di Indonesia. Tahun ini mereka menyiapkan Rp 300 miliar untuk memperbesar kapasitas pengiriman hingga empat kali lipat.

Modal memang bukan masalah buat JNE. Setelah membukukan pendapatan Rp 2,5 triliun tahun lalu, target pendapatan mereka tahun ini dipatok di angka Rp 3,9 triliun. "Setelah itu, kami ada rencana go public pertengahan tahun depan," ujar Johari.

Meski masih dalam porsi sangat kecil, PT. Pos Indonesia juga turut menikmati kue besar yang dibawa toko online. Tahun lalu perusahaan pelat merah ini baru mendapat bagian Rp 2 miliar dari jasa pengiriman barang e-commerce. Kini mereka menjajaki kerja sama dengan sejumlah pelaku besar, seperti Lazada dan Tokopedia.

Tak cukup jadi tukang kirim, PT. Pos ikut-ikutan membuka toko online, yang mereka namakan GaleriPos. Tentu saja mereka tak perlu jasa pihak lain untuk mengantar barang dagangannya. "Belum setahun, jadi masih sedikit, mungkin 10-20 paket sehari," kata Kepala Proyek e-Commerce PT. Pos, Kemal Syafta Wijaya.

Sebaliknya, beberapa perusahaan e-commerce besar juga mulai melihat jasa pengiriman sebagai lahan menjanjikan. Itu sebabnya sebagian dari mereka kini membuka divisi baru untuk menanganinya. Lazada, misalnya, punya Lazada Express (LEX), yang khusus menangani antaran di sekitar Jakarta. "Untuk wilayah lain, kami masih menggandeng perusahaan-perusahaan logistik rekanan," ujar Senior Vice President Operational Lazada, Ryn Hermawan.

Perusahaan yang belum lama ini mendapat suntikan US$ 250 juta atau lebih dari Rp 3 triliun dari Temasek itu menyewa gudang seluas 12 ribu meter persegi di Cakung, Jakarta Timur. Tiap hari, 50-100 ribu paket keluar-masuk gudang untuk diantarkan ke konsumen. Kini mereka berencana merentangkan usaha dengan membuka gudang-gudang baru di kota lain.

Langkah serupa dijalankan toko online khusus fashion, Zalora, dengan mendirikan Zalora Express (Zedex). Seperti halnya Lazada, mereka baru bisa mengantar barang sebatas Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Selebihnya Zalora masih mengandalkan lima perusahaan mitra untuk melayani pemesanan dari seluruh Nusantara. "Tidak ada masalah dengan mitra. Kami mendirikan Zedex lebih karena peluang bisnisnya," kata juru bicara Zalora, Afdita Sari.

Bagi para kurir seperti Reza, peluang bisnis yang mengalir ke perusahaan berarti pula rezeki besar buat dapurnya. Dengan model insentif per paket yang dia antarkan, saban bulan ia membawa pulang pendapatan rata-rata dua kali lipat dari gaji pokoknya. Itu di luar jatah beras yang dibagikan dua kali sebulan serta asuransi kesehatan diri dan keluarga. "Tahun lalu istri saya melahirkan dengan bedah caesar. Ongkosnya Rp 15 juta. Semua dibayar kantor," ujarnya.

Kue Besar Logistik Indonesia

Berdasarkan data Frost & Sulliven, hingga akhir 2014, omset pasar logistik di Indonesia mencapai kisaran Rp 1.800 triliun, hampir setara dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2014 (Rp 1.816,7 triliun).

Angka itu tercapai dengan estimasi pertumbuhan bisnis logistik sebesar 14,7 persen dibanding pada 2013, yang nilainya Rp 1.600 triliun.

Ada beberapa cabang usaha dalam dunia logistik, yaitu pengapalan, kargo, angkutan truk, hingga jasa kurir.

Yang terakhir disebut itulah yang paling banyak mendapat untung dari merebaknya perdagangan online di Indonesia.

Pemain Besar Jasa Kurir Logistik di Indonesia

  • Nasional: JNE, Tiki, PT. Pos Indonesia, Pandu Logistics
  • Asing: TNT Express Indonesia, DHL, Cardig Express, FedEx/RPX

Perusahaan nasional diuntungkan karena adanya Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 tentang Pos. Auran itu membatasi perusahaan asing dari wilayah operasional, hanya sampai kota yang memiliki pelabuhan atau badar udara internasional.

Sumber : Majalah Tempo Edisi 15 Maret 2015 halaman 103
Pingit Aria