PT. HIJAS LINE TUJUH TUJUH - HIJAS TRANS 77

Memupuk Kepedulian pada Sesama

Ditulis oleh Agita Surya Pertiwi*

Kecintaan Ranny Junita Amalia (23), terhadap dunia pendidikan dan anak-anak dhu'afa sudah lama tertanam. Hal itu pula yang melatarbelakangi dirinya mau menjadi relawan sosial, yakni mengajari anak-anak kurang mampu untuk belajar membaca dan menulis di Kelas Oki di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Ya, di tempat inilah, setiap Sabtu, Ranny rutin memberikan bimbingan tentang berbagai hal terhadap anak-anak putus sekolah. Tak hanya mengajarkan tentang pengetahuan, ia juga mengajak anak-anak lebih kreatif lagi, misalnya membuat berbagai keterampilan dari barang bekas.

"Saya mengajarkan banyak hal, misalnya membuat kerajinan dari limbah rumah tangga atau industri, serta memberi tahu bagaimana menjaga lingkungan dengan baik, termasuk cara mencuci tangan yang benar," ujar mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan semester 9 ini.

Menurut wanita kelahiran Jakarta ini, dirinya menjadi relawan sosial sejak semester lima. Selain menjadi tenaga pengajar, ia juga menjadi relawan dalam berbagai tugas kemanusiaan, seperti penanganan banjir, kebakaran, dan kegiatan sosial di Dompet Dhuafa.

Berkat kepeduliannya pada sesama itulah, ia kemudian diberi penghargaan "Student Achievement Award 2014" oleh UIN Jakarta pada 29 November 2014. "Saya senang dan bahagia menerimanya," ungkap Ranny dengan mata berkaca-kaca.

*Artikel ini diperoleh dari Buletin Mahasiswa dan Alumni PRESTASI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 03/September-Desember 2014.

0 comments:

Posting Komentar